Beranda > Seputar Musik > Gitaris Lampung Masuk 10 Besar Kompetisi Dunia

Gitaris Lampung Masuk 10 Besar Kompetisi Dunia

PROVINSI Lampung ternyata banyak menyimpan talenta terpendam. Salah satunya An Dharma. Pria kelahiran 1 Desember itu adalah salah satu gitaris yang saat ini tengah naik daun di belantika musik nasional. Bahkan, warga Bandarlampung tersebut kini tengah mencoba go international dengan mengikuti String Insanity Guitar Competition 2011 yang dihelat oleh www.shredacademy.com, sebuah laman yang mengkhususkan diri bagi para penghobi alat musik petik itu.

Yang menarik, Aan (sapaan akrabnya) merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dalam ajang yang akan berakhir 30 November 2011 itu. Pria berambut panjang ini telah masuk 10 besar dari lebih 200 peserta seluruh penjuru dunia.

Aan sendiri mengaku awalnya hanya iseng mengikuti kontes bertaraf internasional itu. ”Saya tahu informasi lomba ini sekitar September lalu. Iseng-iseng saya ikut,” ujarnya saat dihubungi via ponsel kemarin.

Dijelaskan, untuk mengikuti lomba ini, dirinya harus membuat aransemen gitar dengan durasi kurang dari satu menit. Ini jelas merupakan tantangan tersendiri karena idealnya sebuah aransemen memiliki durasi sekitar lima menit. Tetapi, hal itu dapat dilewatinya dengan baik.

Dalam video yang sengaja diunggah di laman itu, para pengunjung dapat langsung menyaksikan kepiawaian jemari tangan Aan menari di atas dawai gitarnya. Petikan itu juga tidak sembarangan karena mampu menghasilkan harmoni nada yang memukau pendengarnya. ”Sayang video itu direkam hanya dengan kamera ponsel, jadi hasilnya tidak maksimal,” tutur dia.

Untuk menentukan pemenang, pihak penyelenggara akan meminta empat juri melakukan penilaian terhadap para kontestan. Masing-masing juri berhak memberikan 10 persen dari total poin. Para juri itu nanti menilai kemampuan teknik, kreativitas, komposisi, dan bakat para kontestan.

Selebihnya, penilaian akan dilakukan berdasarkan vote masyarakat. “Untuk itu saya berharap masyarakat Indonesia, khususnya warga Lampung, bisa mendukung saya,” ujarnya.

Cara dukungan, lanjut Aan, sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke http://www.shredacademy.com/content/string-insanity-2011-winners.html. Di laman ini nanti disuguhkan 10 kontestan. Di situs ini kita juga dapat langsung menyaksikan kepiawaian para kontestan saat unjuk kebolehan. Di antaranya Tomo, Craig Pirtle, Derek Jenny, Jm Lozada, dan David Locke.

Nah, untuk memilih Aan, kita tinggal mengeklik tautan namanya yang akan tersambung ke jejaring sosial Facebook. Di dinding situs ini, kita tinggal menuliskan nama An Dharma. Semakin banyak dukungan yang diberikan, artinya kian besar pula kemungkinan murid Coky Netral dan Willy Purpose ini menang dalam kontes memperebutkan hadiah utama live performance di TV mancanegara serta gitar dan aneka pernak- perniknya senilai USD1.171.

Diketahui, sejauh ini Aan telah berhasil merilis dua single berjudul Perang Hati dan Galau. Keberhasilan pemilik moto hidup ”Jangan pernah mengatur urusan Allah, jalani hidup apa adanya” ini juga akan memuluskan karir musiknya di dunia internasional. (fik/c1/niz)

Sumber : http://www.radarlampung.co.id/

Kategori:Seputar Musik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: