Beranda > Guitar Lesson > Tangga Nada Mayor (Major Scale)

Tangga Nada Mayor (Major Scale)

Dunia musik membagi oktaf dalam 12 langkah, setiap satu langkah dinamakan semi-tone. Di keyboard atau piano pembagian ini terlihat pada banyaknya tuts yang ada dalam satu oktaf yaitu 12 tuts yang terdiri dari 7 tuts putih dan 5 tuts hitam. Di fingerboard gitar juga terlihat bahwa satu oktaf terbagi dalam 12 fret, langkah satu fret sama dengan sebuah semi-tone atau setengah nada dan langkah dua fret disebut sebuah tone atau satu nada.

Semua tangga nada mayor mempunyai jarak satu semitone dari 3rd ke 4th (Mi ke Fa) dan dari 7th ke 8th (Si ke ‘Do’), jadi jika anda akan memainkan tangga nada mayor dalam satu string maka dari fret pertama yang anda tekan seharusnya memiliki langkah dua fret – dua fret – satu fret – dua fret – dua fret – dua fret – satu fret atau 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Dalam tangga nada C Mayor pola langkah ini menghasilkan kumpulan nada tanpa sharp dan flat, yang artinya juga hanya tuts berwarna putih di piano yang membentuk tangga nada C Mayor. Dengan pola yang sama tangga nada G Mayor mempunyai satu sharp, tangga nada F Mayor mempunyai satu flat, gambaran yang lebih mudah mengenai banyaknya sharp dan flat dalam sebuah tangga nada dijelaskan di postingan berikutnya.

Tangga Nada C

Tangga Nada G

Untuk memainkan tangga nada G Mayor anda harus memulai dari nada G kemudian lakukan langkah menurut pola tangga nada mayor, secara otomatis nada 7th (Si) adalah F#, jadi dalam tangga nada G Mayor tidak ada nada F .

Pola Penjarian Tangga Nada Mayor – Major Scale Fingering Pattern

Contoh di atas adalah bagaimana memainkan tangga nada mayor dengan menggunakan satu string dan contoh tersebut digunakan hanya sebagai gambaran tentang pola tangga nada mayor. Dalam praktek yang sesungguhnya anda dituntut untuk menguasai permainan pola tangga nada mayor di seluruh fingerboard gitar anda, bergerak dari string satu ke string yang lain dan dari fret rendah ke fret tinggi atau sebaliknya. Berikut adalah tiga pola penjarian dasar tangga nada mayor, yang pertama dengan root atau nada dasar di string nomor 5, kemudian root di string nomor 6 dan root di string nomor 3.

Tangga nada Mayor dengan root di string nomor 5. Anda bisa memilih dari fret mana saja di string nomor 5, gunakan aturan one finger per fret atau satu jari per fret. Pada gambar ini tanda nomor 1 adalah jari telunjuk, nomor 2 adalah jari tengah, nomor 3 adalah jari manis dan nomor 4 adalah jari kelingking.

Berikut ini adalah penjarian untuk tangga nada mayor dengan root atau nada dasar di string nomor 6. Sekali lagi, anda bisa memulai dari fret mana saja di string nomor 6.

Dan selanjutnya adalah penjarian tangga nada mayor dengan root atau nada dasar di string nomor 3. Anda bisa memulai dari fret mana saja di string nomor 3, dan jangan lupa gunakan aturan one finger per fret.

Jika anda sudah menguasai pola-pola penjarian tangga nada Mayor di atas maka anda bisa bereksplorasi lebih jauh dengan menggabungkan ketiga pola di atas seperti yang anda lihat pada gambar berikut.

Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: