Beranda > Guitar Lesson > Tangga Nada Minor (Minor Scale)

Tangga Nada Minor (Minor Scale)

Tangga Nada Minor atau minor scale terbagi menjadi tiga macam yaitu natural minor scale, harmonic minor scale dan melodic minor scale. Masing-masing memiliki pola langkah yang berbeda namun ketiganya sangat berbeda dengan pola langkah tangga nada Mayor. Tangga nada minor selalu memiliki jarak 1½ antara root(1st) ke 3rd, interval ini disebut dengan interval minor third (m3), dan interval inilah yang sebenarnya membedakan antara tangga nada mayor dan minor karena tangga nada Mayor selalu berjarak 2 nada antara root(1st) ke 3rd yang disebut dengan interval Major third (M3). Akan lebih mudah memahami pola tangga nada minor jika anda melihatnya dari sudut pandang tangga nada mayor, sebagai contoh jika anda perhatikan, tangga nada natural minor sebenarnya adalah pola tangga nada mayor yang dimulai dari 6th. Jadi 6th di tangga nada Mayor adalah root (1st) di tangga nada natural minor.

Tangga Nada Natural Minor – Natural Minor Scale
Tangga nada natural minor dan tangga nada mayor adalah sama-sama berada di tangga diatonik, hanya saja natural minor dimulai dari 6th dan tangga nada mayor dimulai dari 1st. Sebagai deskripsi, anggap anda memainkan tangga nada C Mayor dan A Natural minor, nada-nada yang menjadi anggota dari tangga nada C mayor dan A natural minor adalah sama, yang membedakan adalah titik dari mana anda memulainya, C Mayor memiliki pola C-D-E-F-G-A-B-C dan A Natural minor dengan anggota nada sama dengan C Mayor namun dimulai dari A sehingga memiliki pola A-B-C-D-E-F-G-A (1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1).

Berikut ini adalah ilustrasi perbandingan step pattern tangga nada A natural minor dan C mayor, kemudian anda juga bisa lihat fingering pattern tangga nada A Natural Minor.

Tangga Nada Harmonic Minor – Harmonic Minor Scale
Tangga nada harmonic minor memiliki pola seperti tangga nada natural minor hanya saja nada 7th-nya dinaikkan setengah nada, sehingga pola tangga nada harmonic minor adalah 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1 ½ – ½. Sebagai contoh, tangga nada A harmonic minor mempunyai urutan nada A – B – C – D – E – F -G# – A . Terbentuknya tangga nada harmonic minor berasal dari progresi akord resolusi perfect cadence di sebuah progresi akord. Resolusi ini merupakan progresi akord yang bergerak dari akord V ke I dan mengharuskan akord V adalah akord mayor. Di sisi lain dengan tangga nada natural minor untuk membentuk resolusi perfect cadence terbentuk progresi v m – i m. Terlihat bahwa jika digunakan tangga nada natural minor akord V-nya adalah akord minor, maka untuk membentuk resolusi perfect cadence maka akord Vm diganti dengan V. Dari perubahan akord v m ke V inilah terbentuk tangga nada harmonic minor.

Tangga Nada Melodic Minor – Melodic Minor Scale
Satu-satunya masalah dari tangga nada harmonic minor adalah dengan bekurangnya interval antara 7th dan 8th menjadi setengah nada mengakibatkan jarak antara nada 6th dan 7th menjadi tiga kali setengah nada atau ber-interval m3. Dalam penulisan melodi lompatan ini tidak bisa diterima karena lompatannya terlalu jauh. Sebagai solusinya maka nada 6th dinaikkan setengah nada. Dalam tangga A minor berarti menaikkan nada F menjadi F# dan ini menyebabkan interval antara nada 6th dan 7th menjadi satu nada atau ber-interval M2. Hasilnya, adalah aliran melodi yang lebih smooth. Metode ini digunakan di saat memainkan urutan ascending (gerakan nada dari rendah ke tinggi), saat bermain descending (gerakan nada dari tinggi ke rendah) interval setengah nada dari nada 7th ke 8th menjadi tidak penting lagi karena aliran melodinya sudah smooth secara alami, karenanya saat bermain descending tetap digunakan tangga nada harmonic minor. Pola penjarian tangga nada melodic minor dan bentuk tangga nada melodic minor digambarkan sebagai berikut,

Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: