Beranda > Guitar Lesson > Triad Nada

Triad Nada

Apakah anda pernah mendengarkan kata Triad pada suatu Chord? pada kesempatan ini saya akan membahas apa itu triad itu.Triad merupakan kombinasi tiga nada yang terdiri dari root(1), third(3) dan fifth(5). jika kita simpulkan triad itu  memiliki dua buah interval third yaitu interval antara root ke third dan interval third ke fifth. sesuai dengan namanya triad adalah akord beranggotakan tiga nada namun tidak semua akord yang beranggotakan tiga nada adalah triad. Hanya ada 4 triad berbeda yaitu Major Triad, Minor Triad, Augmented Triad dan Diminished Triad. Triad terbagi menjadi empat macam karena interval-interval third pembentuknya bisa jadi Mayor atau minor sehingga memungkinkan untuk membentuk empat kombinasi triad.kalu lebih jelasnya lihat pola chord C dibawah ini :

  • CM     = C(root) – E(M3) – G(P5)
  • Cm      = C(root) – E♭(m3) – G(P5)
  • Caug  = C(root) – E(M3) – G♯(♯5)
  • Cdim  = C(root) – E♭(m3) – G♭(♭5)

Triad Mayor dan triad minor keduanya sama-sama memiliki interval Perfect Fifth (P5) antara root dan fifth-nya, yang membedakan keduanya menjadi triad mayor dan triad minor hanyalah nada third-nya. Triad Mayor memiliki interval Major Third (M3) antara root dan nada third-nya, sedangkan triad minor memiliki interval minor third (m3) antara root dan nada third-nya ,Seperti contoh diatas, Triad C Mayor memiliki nada C – E – G, dan Triad C minor memiliki nada C – E♭ – G. Keduanya memiliki interval perfect fifth (P5) antara root dan nada fifth-nya yaitu antara nada C dan G. Yang membedakan apakah itu triad C Mayor atau C minor adalah nada third-nya yaitu E(M3) dan E♭(m3), .
Kemudian triad selanjutnya adalah Augmented Triad dan Diminished Triad. Augmented triad adalah triad Mayor dengan nada fifth dinaikkan setengah sehingga nada menjadi ♯5 sehingga triad C Augmented mempunyai nada C – E – G♯. Sedangkan diminished triad adalah triad minor dengan nada fifth diturunkan setengah nada menjadi ♭5, sehingga triad C diminished mempunyai nada C – E♭ – G♭.jelas kalau kita perhatikan bahwa yang membuat augmented masuk kedalam triad minor karena pada nada thirdnya (E♭) begitu juga dengan Diminished yang masuk pada keluarga Mayor (E)
biasanya triad nada ini adalah pondasi dari pembuatan chord begitu juga dengan dasar dari Arpegio..
sekian dulu pembahasan gitar dari saya..jika sobat kurang mengerti silakan berikan komentar anda dan saya akan menjawabnya.
Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: