Beranda > Guitar Lesson > Mengenal Pickup Pada Gitar | Pickup Gitar

Mengenal Pickup Pada Gitar | Pickup Gitar

Untuk karaokean kita menggunakan microphone yang dicolok ke ampli agar suara bisa terdengar. Nah jika pada gitar yang berfungsi sebagai microphone sering disebut dengan spul gitar atau pickup gitar. Artikel saya kali ini adalah pelajaran awal mengenal pickup / spul gitar.

Alat yang merubah gelombang getar dari senar gitar yang dirubah jadi gelombang listrik diteruskan dan dikuatkan ke amplifier disebut juga dengan istilah pickup / spul gitar. Pada dasarnya pickup adalah alat yang terdiridari magnet yang dililit dengan gulungan kawat tembaga. Ketika senar gitar dimainkan dan bergetar, gelombang getar yang dihasilkan akan mengenai medan magnet yang diteruskan ke kumparan kawat tembaga. Dari gulungan kawat tembaga tersebut terinduksi oleh medan maget dan menghasilkan gelombang dalam bentuk voltase. Nah voltase ini yang diteruskan ke ampli gitar menjadi sound suara gitar di ampli gitar.

spul/pickup gitar

spul/pickup gitar

Masing-masing pickup memiliki karakteristik yang khas dan membentuk sifat-sifat tertentu pada suara gitar, berupa:

  • Tone
  • Output
  • Kontruksi

Tone

Pada dasarnya tone yang dikeluarkan berupa berapa besarnya high, mid, dan low yang dihasilkan oleh pickup yang diterjemahkan dalam bentuk sinyal. Pickup jenis tertentu akan menterjemahkan setiap nada yang dimainkan dan mentranfer sinyal pada level-level tertentu. Pada pickup yang mempunyai karakteristik suara high tinggi dan low-nya rendah sering disebut memiliki tone “bright“. jika pickup jenis ini diletakkan di gitar yang mendukung maka dapat menghasilkan screaming sound di nada tinggi dan pinch harmonics, transparan sound di neck tanpa distorsi. Pickup yang memiliki mid tinggi atau bassy biasanya sedikit ng-punck. Mid tinggi juga lebih memotong presence. Pickup dengan low yang tinggi, sangat baik digunakan dalam teknik pengedepan (ditahan dengan tangan) atau sangat baik dipergunakan dipermainan di nada rendah.

Output

Output adalah besarnya kekuatan yang dikeluarkan oleh pickup atau spul gitar, biasanya besar tegangannya dinyatakan dalam satuan millivolts (mV). DiMarzio mengklasifikasikan output dalam tiga kategori:

  1. Vintage (<270mV)
  2. Medium (270 to 324mv)
  3. High (325mV+)

Vintage/low output pickups biasanya sangat jelas, bahkan dibawah level gain yang tinggi, dan akan terbuka saat memainkan nada tinggi.

Medium power pickups akan terdengar clean pada permainan single note, akan tetapi pada saat di-rhythm harus menambahkan sedikit power tambahan agar suara bas nya bisa bagus.

High output pickups bagus merespon suara drive amp (khususnya ampli tabung) ke dalam overdrive/distortion, pengaruhnya bisa sangat sensitive dalam harmonisasi drivenya.

Konstruksi

Sejak jaman dulu hingga sekarang, pabrik mengeluarkan berbagai macam model sebagai konstruksinya, dan bahannyapun beraneka ragam, guna mendapat kualitas pickup yang bagus.

Contoh jenis-jenis pickup / spul gitar yang ada dipasaran:

  • Single Coil
  • Humbucker
  • Rail Humbucker
  • Coil-tap Humbucker
  • Active Pickups

Adapun penjelasan mengenai jenis-jenis pickup diatas akan saya kupas di artikel-artikel selanjutnya.

Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: