Beranda > Guitar Lesson > Pickup Gitar Jenis Single Coil | Pickup Gitar

Pickup Gitar Jenis Single Coil | Pickup Gitar

Seperti yang telah saja jabarkan di artikel sebelumnya, bahwa ada berbagai macam jenis-jenis spul atau pickup gitar. Salah satunya adalah pickup atau spul jenis single coil dan di artikel ini saya akan mengupas sedikit tentang spul single coil ini.

Pickup jenis single coil adalah sebuah tipe transducer berenergi magnetik. Pickup single coil adalah transducer yang merubah energi suara kedalam bentuk energi elektrik.

pickup single coil

pickup single coil

Sejarah

Beuchamp – Pada pertengahan 1920 George Beauchamp yang berasal dari Los Angeles California mengadakan sebuah eksperiment dengan ampli gitar elektrik, Beuchamp memulai mencoba dengan berbagai macam kombinasi dan teknik yang dipadukan antara magnet dan lilitan kawat atau sering disebut dengan coil. Untuk pertama kali beliau menciptakan prototype jenis pickup untuk gitar Elektrik Hawaian. Di tahun 1931 Beuchamp bekerjasama dengan Ro-Pat-in company dan rekannya Rickenbacker. Beliau menelorkan dan mengenalkan “Electro-String Instruments” di tahun 1932 kemasyarakat ramai.

Gibson – Perusahaan Gibson Guitar Corporation mengenalkan “bar pickup” di tahun 1935 dan ini juga untuk Hawaiian lap steel guitars. Konstruksi dasar pickup terbuat dari pisau metal didalamnya yang dililit dengan coil. Di tahun 1936 Gibson mengenalkan ES-150 ini adalah spul pertama untuk Spanish elektrik gitar.

Masalah noise gitar

Pada single coil ini memang agak berbeda dengan jenis-jenis spul lainnya. Memang untuk tone suara yang dihasilkan oleh single coil sangat bagus, baik untuk rhytem maupun melody. Akan tetapi mempunyai noise dan hum yang tinggi dibanding jenis spul lainnya, atau boleh dikatakan jenis spul single coil rawan akan hum dan noise.

Fender Stratocaster dan Telecaster pickup biasanya menggunakan jenis spul single coil, output tipe noisenya berkisar 50HZ / 60HZ, noise di single coil memang momok bagi pengguna pickup ini. Perusahaan seperti DiMarzio, Seymour Duncan and EMG saling berlomba-lomba mengusung tegnologi guna mengantisipasi noise gitar tersebut. EMG menggunakan sirkuit aktif untuk memotong suara noise tersebut.

pickup single coil

pickup single coil

Spul atau pickup single-coil adalah jenis transduser magnetik, untuk gitar listrik dan bass listrik. Elektromagnetiknya mengubah getaran senar menjadi sinyal listrik. Pickup koil tunggal adalah salah satu dari dua desain paling populer, karena suara bright yang dikeluarkannya sangat baik.

Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: