Beranda > Guitar Lesson > Pickup Gitar Jenis Humbucker | Pickup Gitar

Pickup Gitar Jenis Humbucker | Pickup Gitar

Pickup atau spul humbucker merupakan jenis pickup yang banyak dijumpai dipasaran. Karena disainnya yang bisa meredam noise dan hum ketimbang jenis spul single coil, maka humberker banyak diminati di kalangan gitaris.

Seperti yang telah saja jabarkan di artikel sebelumnya, bahwa ada berbagai macam jenis-jenis spul atau pickup gitar. Salah satunya adalah pickup atau spul jenis humbucker dan di artikel ini saya akan mengupas sedikit tentang keberadaan pickup humbucker.

spul / pickup humbucker

spul / pickup humbucker

Pickup humbucker merupakan pengembangan dari pickup single coil. Dengan pengertian lain yaitu pickup humbucker merupakan gabungan dari 2 pickup single coil. Pickup humberker memiliki output lebih tinggi dibanding dengan single coil karena kedua koilnya gabungkan secara seri.

Cara kerja

Cara kerja jenis pickup ini hampir sama dengan spul single coil yakni, magnet yang berada didalam pickup menginduksi coil yang ada disekelilingnya dan merubah energi magnetik ke energi elektrik yang diteruskan ke ampli gitar. Pickup jenis humbucker adalah sebuah tipe transduce berenergi magnetik.

Nama humbucker mengacu pada fakta bahwa, spul ini mampu menangani atau interfensi (“buck the hum”) masalah yang dikeluarkan oleh spul single coil.

Sejarah

Pickup jenis humbucker pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 oleh seorang engineer perusahaan gitar Gibson, yang bernama Seth Lover. Nama humbucker (penghalang dengung) digunakan karena kemampuan pickup jenis ini untuk mengurangi bahkan menghilangkan dengung yang selalu menyertai pickup jenis single coil. Pada saat itu, tidak ada yang menyangka bahwa desain pickup Seth Lover tersebut (yang menjadi cikal bakal PAF Humbucker) akan membawa kemajuan besar bagi industri gitar.

Konstrusi pickup

Menggunakan dua buah coil dapat juga merubah karakter atau tone dari pickup, pada spul jenis humbucker kebanyakan memiliki corak tone “warm” dan “fat” tone-tone bercorak demikian dipopulerkan oleh perusahaan Les Pauls dan SGs. Di artikel yg sebelumnya juga saya terangkan jika tone jenis single coil bercorak “bright” dan “clear” yang bisa anda temui di gitar Fender.

Secara sederhana, konstruksi pickup jenis humbucker adalah dua gulungan kawat yang saling berlawanan kutub, dan magnet yang dikelilingi oleh masing-masing gulungan tersebut juga saling berlawanan kutub. Setiap gulungan pada pickup membawa 2 signal yang berbeda yaitu signal suara dari senar, dan signal dengung yang berasal dari radiasi elektromagnet disekitar pickup tersebut. Signal suara bergantung pada arah kutub magnet dan arah gulungan kawat, sedangkan signal dengung hanya bergantung pada arah kutub gulungan. Dari sifat kedua signal tersebut, didapat kesimpulan bahwa signal suara pada dua gulungan humbucker adalah searah sehingga didapatkan suara yang kuat, sedangkan signal dengung pada dua gulungan humbucker adalah berlawanan sehingga didapatkan suara yang lemah.

Kategori:Guitar Lesson
  1. 13 April 2012 pukul 7:43 am

    Kunjungan balik masbrooo… info gitarx lengkap juga. Hiksss… jdi malu ane cowok tpi gk bsa maen gitar. Dlu udh niat mau blajar gitar (otodidak) lewat buku. Tapi susah banget… jari2 kaku megang kunci2x. Akhirx capek blajar sndiri n brhenti.. Hiukssss

  2. 13 April 2012 pukul 2:20 pm

    saya dulu pas pertama blajar jg ky gitu masbro,, tpi krna smangat nya pngen bisa lumayan gede itu ga jadi mslah… Yg pnting niatnya aja masbro😀

    Thx uda mampir di blog ne🙂

  3. 14 April 2012 pukul 11:27 am

    kunjungan balik sob.. ☺

    • 14 April 2012 pukul 7:06 pm

      ok… tenkyu sob….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: