Beranda > Guitar Lesson > Pickup Gitar Jenis Rail Humbucker | Pickup Gitar

Pickup Gitar Jenis Rail Humbucker | Pickup Gitar

Dari namanya pasti anda langsung bisa membayangkan apakah rail humbucker. Kalau humbucker sudah saya bahas di artikel sebelumnya, sedangkan kata RAIL = REL (Rel Kereta), nah anda bisa menyimpulkan bukan, rail humbucker yaitu jenis pickup hubucker yang bentuknya kayak rel.

Sejak terciptanya pickup single coil memang perusahaan-perusahaan yang memproduksi spul / pickup gitar saling berlomba mencari inovasi baru, menciptakan pickup model baru dengan disain dan tone yang bervariasi yang ditawarkan. Tinggal kitanya saja yang mana yang cocok dan sesuai dengan karakter yang dibentuk oleh pickup tersebut, harga dan merk-nyapun beraneka ragam.

Rail humbucker hampir sama dengan humbucker. Jika anda menginginkan pickup humbucker namun dengan ukuran kecil yang sama dengan single coil, maka solusinya adalah rail humbucker. Rail humbucker bentuknya seperti single coil, namun alat yang didalamnya berupa dua buah coil atau humbucker.

 

spul / pickup rail humbucker

spul / pickup rail humbucker

Konstruksi rail humbucker

Rail humbucker terdiri dari dua buah magnet yang berbentuk plat panjang yang dililit oleh dua coil. Coba anda perhatikan gambar diatas, bilahan magnet yang tersusun sejajar terlihat mirip seperti lintasan rel kereta api. Maka dari pada itu, pickup ini dinamakan rail humbuker (rail=rel – humbucker=humbucker).

Cara kerja spul

Cara kerja jenis pickup ini hampir sama dengan spul single coil maupun humbucker yakni, magnet yang berada didalam pickup menginduksi coil yang ada disekelilingnya dan merubah energi magnetik ke energi elektrik yang diteruskan ke ampli gitar. Pickup jenis rail humbucker adalah sebuah tipe transducer berenergi magnetik.

 

sturktur rail humbucker

sturktur rail humbucker

Secara sederhana, konstruksi pickup jenis rail humbucker adalah dua gulungan kawat yang saling berlawanan kutub, dan magnet yang dikelilingi oleh masing-masing gulungan tersebut juga saling berlawanan kutub. Setiap gulungan pada pickup membawa 2 signal yang berbeda yaitu signal suara dari senar, dan signal dengung yang berasal dari radiasi elektromagnet disekitar pickup tersebut. Signal suara bergantung pada arah kutub magnet dan arah gulungan kawat, sedangkan signal dengung hanya bergantung pada arah kutub gulungan. Dari sifat kedua signal tersebut, didapat kesimpulan bahwa signal suara pada dua gulungan rail humbucker adalah searah sehingga didapatkan suara yang kuat, sedangkan signal dengung pada dua gulungan rail humbucker adalah berlawanan sehingga didapatkan suara yang lemah.

Kategori:Guitar Lesson
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: