Beranda > Guitar Lesson > Memahami Bagian Bagian Tremolo Up-down | Tremolo Gitar

Memahami Bagian Bagian Tremolo Up-down | Tremolo Gitar

Tremolo adalah sebuah alat yang terdapat diujung tali senar gitar (bridge) dan didisain secara khusus untuk menaikkan atau menurunkan nada tali senar gitar. Untuk mempelajari dan memahami bagian-bagiannya akan saya bahas diartikel ini.

Di artikel ini saya cuma akan menjelaskan bagian-bagian yang ada dalam alat tremolo khususunya tremolo up-down. Mungkin anda sangat asing dengan alat yang namanya tremolo, karena alat ini memang tidak terdapat pada semua gitar. Ada sebagian gitar yang dibuat oleh pabrik menggunakan alat tremolo dan kebanyakan memang gitar dipasaran menggunakan bridge mati (search di oksida.com jika tidak tau ‘bridge’) alias tidak ada alat tremolonya.

Model-model tremolo

Berdasarkan fungsinya tremolo dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Tremolo up / tremolo untuk menaikan nada suara
  2. Tremolo down / tremolo untuk menurunkan nada suara

Sekarang ini dipasaran, pabrik banyak membuat kombinasi dan fariasi tentang tremolo ini. Berbagai bentuk model dan tampilan diciptakan, akan tetapi fungisnya hampir sama saja yaitu tremolo up dan tremolo down atau dikombinasikan menjadi satu yaitu tremolo up-down. Pabrik cuman menyempurnakan mekanisme fungsinya saja agar sempurna, namun fungsinya sama.

Bagian-bagian tremolo

Mari kita pelajari bagian-bagiannya. Dikarenakan alat tremolo yang beredar sangat banyak jenisnya disini saya akan mengambil sebuah model contoh tremolo up-dawn dari ibanez RG Lo Pro Edge. Perhatikan gambar dibawah:

tremolo ibanez rg lo pro edge

tremolo ibanez rg lo pro edge

Pergunakan gambar diatas sebagai acuan:

  1. Saddle – Sebuah kotak besi berukuran kecil yang ditengahnya terdapat alat penjepit senar jika senar gitar yang baru mau dipasang kita harus mengendorkan sekrup / baut dibelakangnya (string lock screw), sedangkan ditengah saddle antara senar dan string lock screw biasanya terdapat besi kecil (string lock block) sebagai penahan jepitan senar gitar agar tidak lepas ketika senar dikencangkan.
  2. String Lock Block – Besi kecil yang terdapat di dalam saddle/sedel yang digunakan untuk menjepit senar gitar. Tips dari saya kita harus hati-hati saat mengganti senar karena besi kecil ini mudah lepas dan jatuh, wah gawat tuh kalau sampai jatuh dan hilang tanpa kita sadar, makanya jika sekrup dikendorkan jangan tunggu lama-lama, senar baru harus segera dipasang, ataupun jika kita tinggal, sekrup harus diketatkan lagi supaya tidak terjatuh.
  3. Tremolo Arm – Banyak yang menyebutkan dengan istilah hendel merupakan gagang besi yang digunakan untuk mengubah sudut kemiringan dari tremolo, dimana gagang tersebut dapat kita turunkan atau naikkan guna meninggikan atau menurunkan nada. Tremolo arm posisinya fleksibel dapat diputar sehingga handel dapat diposisikan ke arah yang kita mau agar tidak mengganggu tangan ketika memainkan gitar.
  4. Stud – Alat berupa mur yang digunakan untuk meninggikan atau merendahkan posisi senar gitar dengan fret gitar, putar searah jarum jam untuk meninggikan dan putar sebaliknya untuk merendahkannya.
  5. Stud insert – Alat berupa baut yang ditanam di body gitar sebagai pasangan stud.
  6. Intonation Lock Screws – Sebuah sekrup kecil yang berguna menahan sadle/sedel di sekrupkan ke base plate atau besi dasarnya. Jika kita ingin menggeser sedel tinggal renggangkan sekrupnya (Intonation Lock Screws) lalu geser sedelnya dan ketatkan sekrupnya (berguna untuk menyeting panjang senar, saya akan menerangkan cara penyetelannya di artikel lainnya).
  7. Locking Nut – Alat ini tidak tertera di gambar namun merupakan bagian penting juga, merupakan penjepit senar atau pengunci yang terdapat di fret fret paling ujung dekat kepala gitar.
  8. Fine Tuner – Sekrup bulat yang dapat diputar dengan tangan berguna untuk meninggikan dan menurunkan tone senar gitar, alat ini akan berfungsi atau diperlukan setelah Locking nut atau pengunci senar diketatkan, jadi kita masih bisa menyetem tinggi rendah tone senar gitar lewat alat ini.
  9. Tremolo Block – Alat ini berupa lempeng besi yang diletakkan menurun menghubungkan tremolo dengan per atau pegas yang ada di dalam body gitar.
  10. Spring – Spring atau per / pegas, dari namanya mungkin anda langsung tahu, terdapat di belakan bodi gitar biasanya berjumlah 3 sampai 5 buah per, tergantung penggunaannya.
  11. Claw Hook – Alat ini berfungsi sebagai penghubung antara per dan kerup yang ditanam di bodi gitar atau istilah lainnya sebagai pencantol per dan alat tumpu penyetelan kekencangan per.

Disini saya tidak menerangkan semua nama yang ada digambar, saya rasa dengan melihatnya saja saya yakin anda pasti akan faham dan mengerti, malah jika saya jabarkan satu persatu malah bikin bingung… Sorry bos terkadang susah menjelas kan sesuatu yang seharusnya cuman dengan gambar kita langsung faham, tetapi setelah kita jabarkan malah jadi rancu karena penggunaan kata-kata yang kurang tepat.. ha..ha.. mohon maaf atas keterbatasannya bos..

Kategori:Guitar Lesson
  1. 10 Agustus 2012 pukul 9:01 am

    gan.
    gambarnya ga muncul,.
    thanks

    • 1 September 2013 pukul 1:10 am

      Maklum gan, lagi konsen ke kerjaan jadi kegiata nge-blog ke ganggu
      Thanks bwt masukanya gan

  2. 8 Desember 2012 pukul 3:53 pm

    disertai gambarnya dong bro

    • 1 September 2013 pukul 1:08 am

      Sorry kalo gbr gak tampil. Lagi sibuk ama kerjaan gan, blog jadi ga ke urus

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: